Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Olahraga Lari Sangat Bermanfaat

Berolahraga sangat bermanfaat
untuk tubuh kita gan, apalagi olahraga lari ini sangat mudah dan sederhana, sebagian orang yang sibuk dengan aktifitas pekerjaannya terkadang sampai tidak sempat untuk melakukannya.

Olahraga Lari

Ternyata masih banyak orang yang belum paham betul nih gan. Dengan olahraga lari dan joging, banyak yang mengira dua olahraga ini serupa, namun jika kita perhatikan, berlari itu butuh kebugaran tingkat keseluruhan daripada joging ganBerlari mengharuskan kita bergerak lebih cepat menggunakan banyak energi, dan menuntut jantung, paru, dan otot bekerja lebih keras daripada joging.

Berlari Termasuk Bentuk Latihan Aerobik

Agan-agan mungkin tidak asing dengan olahraga aerobik, biasanya istilah ini lebih trendnya senam aerobik. Namun agan perlu ketahui jika berlari ternyata termasuk dalam jenis latihan aerobik, kok bisa ya gan. Olahraga aerobik adalah jenis latihan fisik yang merangsang laju pernapasan dan denyut jantung. Agan tentu memerlukan banyak oksigen, jika agan bayangkan efeknya sama ketika agan sedang berlari. Selain berlari gan, jenis latihan yang serupa lainnya adalah senam lantai, jalan cepat berenang, bersepeda, dan latihan angkat beban.

Berlari Lebih Lama Dan Cepat Akan Membakar Kalori Yang Banyak

Olahraga bisa memabakar energi tubuh, jika kalori dalam tubuh yang ingin dibakar lebih banyak, maka agan harus meningkatkan intensitasnya, Contoh nih gan. Misalnya lari 13km, jika seseorang dengan berat badan 100kg menempuh jarak tersebut dengan lari, itu bisa membakar hingga 150 kalori. Nah untuk orang dengan berat badan 54kg, maka ia bisa membakar 82 kalori, berarti ini semakin bugar tubuhnya, maka semakin sedikit kalori yang terbakar dalam jarak tempuh yang sama.

Setelah Atau Sebelum Olahraga Minum Air Putih

Minuman olahraga memang mengandung kalori dan elektrolit yang membantu dalam olahraga lari. Karena kandungan pada minuman akan menggantikan cairan yang hilang sehingga mencegah tubuh agan menjadi lelah dan lemas.

Namun, jenis minuman ini paling bermanfaat untuk sesi berlari dengan waktu lebih dari satu jam. Jika agan hanya berlari 30 menit atau tidak kurang dari 1jam, air putih adalah pilihan yang terbaik. Karena energi yang agan gunakan untuk berlari selama 30 menit tidak terbuang cukup banyak sehingga tidak perlu minum minuman olahraga yang punya kalori tinggi.

Sebelum Latihan Perlu Pemanasan

Lari adalah jenis olahraga dengan intensitas yang lumayan tinggi. Maka dari itu latihan pemanasan yang tepat adalah, peregangan statis dengan cara melemaskan otot dengan menahan gerakan selama beberapa detik. Latihan pemanasan yang baik untuk berlari paling tidak dilakukan selama 5 hingga 10 menit, agar memberikan peregangan otot agan waktu lebih lama untuk menyesuaikan nantinya.

Kombinasi Olahraga Lari Dan Olahraga Lainnya

Lakukanlah olahraga secara rutin, meskipun benar namun banyak yang salah memahaminya. Dilakukan secara rutin, bukanlah dilakukan setiap hari, tapi dilakukan secara berkelanjutan.
Sebaiknya olahraga lari jangan dilakukan setiap hari, apa lagi bagi pemula. Perlu agan ketahui bahwa pada saat agan berolahraga, beberapa otot didalam tubuh mengalami kerusakan.

Untuk kembali pulih otot memerlukan waktu. Cobalah mengkombinasikan dengan olahraga lain seperti berenang, bersepeda, angkat beban atau jenis olahraga yang lainnya.
Demikian sedikit info untuk agan-agan yang baru ingin melakukan olahraga berlari. Semoga tips ini bermanfaat. Terima Kasih