Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Manfaat Olahraga di Pagi Hari

Kapan siih waktu yang tepat untuk berolahraga? Nah olahraga jadi salah satu kunci menjaga kesehatan secara menyeluruh. Berolahraga secara rutin membuat tubuh tetap prima, dan menjaga fungsi organ-organ tubuh tetap bekerja maksimal loh.

Olahraga di Pagi Hari
Namun, tidak cuma jenisnya. Waktu berolahraga juga menjadi peran penting dalam memberikan manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Beberapa orang memilih olahraga di pagi hari. Ada juga yang memilih olahraga di sore atau malam hari. Tak ada waktu yang tepat untuk berolahraga. Pada dasarnya, olahraga pagi atau malam hari sama saja. Hanya saja ada beberapa manfaat berbeda yang bisa didapat dari olahraga pagi dan malam hari.

Berikut manfaat olahraga di pagi hari. Mari simak

Manfaat Olahraga di Pagi Hari

Di pagi hari, rasa ngantuk dan sendi serta otot yang masih terasa kaku setelah bangun tidur, terkadang menjadi kendala berolahraga. Namun, di luar kendala yang kerap muncul tersebut, ada beberapa manfaat olahraga pagi yang bisa Anda dapatkan.

1. Suasana tenang

Pagi hari identik dengan suasana tenang dengan udara yang masih segar. Masih sedikitnya kendaraan yang berlalu lalang membuat anda bisa fokus untuk berolahraga. Selain itu, pikiran juga relatif tenang di pagi hari karena belum banyak gangguan yang muncul seperti telepon, pesan, atau pekerjaan.

2. Pola makan jadi lebih sehat

Studi menemukan, olahraga pagi mendorong seseorang memilih pola makan yang lebih sehat sepanjang hari.
Studi yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity meneliti ribuan mahasiswa yang menyelesaikan program olahraga selama 15 minggu. Hasilnya, dalam pemantauan, mereka ditemukan mengurangi konsumsi daging merah dan gorengan.

3. Hormon kortisol jadi seimbang

Kortisol merupakan hormon yang membuat seseorang terjaga dan waspada. Kortisol juga sering dianggap sebagai hormon stres yang bisa memicu masalah. Pada kondisi normal, kadar kortisol meningkat di pagi hari dan turun di malam hari.

Olahraga di pagi hari membuat tubuh memanfaatkan kadar kortisol yang sedang naik. Olahraga pagi cocok bagi Anda dengan kondisi hormon yang fluktuatif. Dengan memicu kortisol di pagi hari, tidur akan lebih nyenyak di malam hari.

4. Menambah energi

Olahraga jadi salah satu kunci menjaga kesehatan secara menyeluruh. Rutin berolahraga membuat tubuh tetap prima dan menjaga fungsi organ-organ tubuh tetap bekerja maksimal.

5. Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Mental

Banyak orang fokus pada jenis olahraga yang dilakukan. Misalnya, jenis olahraga seperti squat dan angkat beban dilakukan untuk mereka yang ingin membentuk otot. Sementara olahraga joging dan senam aerobik banyak dipilih mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Namun, tak cuma jenisnya. Waktu berolahraga juga menjadi peran penting dalam memberikan manfaatnya untuk kesehatan. Nah itulah penjelasan dari manfaat olahraga di pagi hari, semoga bermanfaat.