Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Perut Begah dan Cara Mengatasinya

Pernahkah kamu merasakan perut terasa penuh, kencang, dan sesak? Jika iya, kamu mungkin mengalami perut begah. Perut yang terasa penuh dapat membuat aktivitas terganggu dan rasa tidak nyaman. Pada beberapa kasus, perut yang begah juga dapat menyebabkan rasa nyeri yang cukup parah. Agar dapat mengatasi perut yang begah maka perlu diketahui terlebih dahulu faktor penyebabnya.

Penyebab Perut Begah 

Begah berasal dari istilah awam untuk menunjukkan kondisi perut yang penuh dan terasa sesak. Begah tidak sama dengan perut kembung, karena perut kembung terjadi akibat terlalu banyak jumlah air yang diminum. Sedangkan begah dapat terjadi akibat beberapa faktor berikut ini: 

Menelan Banyak Udara 

Perut dapat menjadi penuh akibat adanya gas yang berlebihan. Salah satu penyebabnya yaitu terlalu banyak menelan udara. Udara yang tertelan menumpuk di dalam perut sehingga membuat perut terasa penuh dan sesak. Menelan udara dapat terjadi apabila kamu makan terlalu cepat atau makan sambil berbicara. 

Makan Makanan Tertentu 

Jenis makanan tertentu dapat membuat jumlah gas dalam perut meningkat. Selain itu juga beberapa jenis makanan sulit dicerna sehingga membuat perut terasa penuh. Jenis makanan tertentu seperti brokoli, kol dan kacang-kacangan dapat meningkatkan kadar gas hidrogen karbon dioksida di dalam perut sehingga perut terasa begah. 

Adanya Bakteri di Dalam Perut 

Penyebab lain perut begah adalah adanya pertumbuhan bakteri di dalam usus kecil secara berlebihan. Namun juga kondisi ini tidak sama dengan infeksi karena pertumbuhan bakteri menyebabkan lonjakan gas di dalam perut. Produksi gas berlebih inilah yang menyebabkan terjadinya begah. 

Penumpukan Gas 

Menumpuknya gas di saluran pencernaan menjadi salah satu penyebab perut begah yang paling umum. Gas terbentuk saat saluran cerna memproses makanan atau kamu menelan lebih banyak udara. Ini dapat dipicu oleh makan dan minum terlalu cepat, mengunyah permen karet, merokok, memakai gigi palsu yang longgar, dan menahan kentut. 

Menstruasi 

Pada wanita, menstruasi sering menjadi penyebab terjadinya begah. Hal tersebut dikarenakan gejala PMS yang menyebabkan tingginya hormon progesteron dan estrogen pada wanita. Berdasarkan penelitian, perubahan hormon dapat menyebabkan penumpukan air dan garam dalam tubuh sehingga perut menjadi begah.

Makanan untuk Mengatasi Perut Begah 

Perut yang terasa begah maupun kembung dapat diatasi dengan memakan makanan tertentu, sehingga Anda dapat melakukan perawatan mandiri. Namun jika perut masih terasa begah dalam jangka panjang sebaiknya hubungi dokter untuk mendapatkan pengobatan. 

1. Jahe 

Jahe sudah cukup lama dikenal sebagai rempah untuk tambahan dalam berbagai makanan dan minuman. Jahe memiliki aroma dan rasa yang khas berasal dari enzim zingibain yang dapat berfungsi untuk menghancurkan protein. Sehingga dapat membantu melegakan perut yang terasa begah, mengonsumsi minuman herbal mengandung jahe dapat memberikan rasa nyaman di perut. 

 2. Pisang 

Buah pisang selain rasanya yang enak ternyata dapat juga digunakan ketika perut terasa begah. Pisang mengandung potasium yang baik untuk mengurangi kelebihan sodium maupun air di dalam tubuh, sehingga rasa begah dapat berkurang dengan cepat. 

3. Yoghurt  

Yoghurt merupakan salah satu olahan susu dengan kandungan probiotik yang tinggi. Probiotik berfungsi untuk membantu melancarkan pencernaan sehingga membantu mengurangi rasa begah. Selain itu, yoghurt juga sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan agar terhindar dari masalah pencernaan. 

4. Jangan Minum Soda 

Saat perut kembung, hindari minum soda atau segala jenis minuman yang berkarbonasi, jenis minuman ini mengandung karbon dioksida yang bisa menyebabkan perut begah dan gampang sendawa. Selain itu kandungan gula dan pemanis buatan yang banyak terkandung dalam soda juga bisa menyebabkan perut begah. Orang dewasa disarankan makan serat 25 gram per hari untuk wanita dan 38 gram untuk pria. 

Kamu dapat mencegah terjadinya perut begah dengan menghindari faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perut terasa begah maupun kembung. Selalu mengunyah makanan dengan baik dan benar agar makanan dapat tercerna secara sempurna dan mencegah terjadinya masalah pada pencernaan. Hindari mengkonsumsi makanan secara berlebihan karena perut akan terasa penuh. Selain makan makanan, berikut beberapa cara mengatasi sakit perut begah dengan cepat 

  • Jalan Kaki Ringan 

Cara pertama mengatasi perut begah tanpa obat adalah, jalan kaki ringan. Aktivitas fisik seperti jalan kaki ringan dapat membantu pergerakan usus untuk melepaskan kelebihan gas dari saluran pencernaan. Saat perut begah, coba jalan kaki ringan sejenak, untuk menghilangkan begah dengan cepat. Tidak perlu jauh-jauh. Kamu cukup jalan kaki di sekitar rumah untuk membantu mengatasi perut begah. 

  • Yoga 

Cara kedua mengatasi perut begah tanpa obat adalah melakukan yoga. Pose yoga seperti child pose, happy baby dan gerakan squat dalam yoga dapat membantu mengatasi begah dengan cepat. Seperti jalan kaki pose yoga di atas juga bisa menormalkan kembali posisi otot di perut sehingga tidak ada penumpukan gas berlebih di dalam perut. 

  • Pijat Perut 

Cara ketiga mengatasi perut begah tanpa obat adalah, pijat perut. Dengan menempatkan tangan di atas tulang pinggul kanan. Setelah itu gosok perlahan dengan gerakan melingkar ke sisi kanan tulang rusuk. Lanjutkan dengan mengurut dengan tekanan lembut di area perut bagian bawah atas tulang rusuk kiri. Baru arahkan pijatan kebawah menuju tulang pinggul kiri, perlu diperhatikan. Hentikan pijat perut jika metode ini justru membuat perut semakin sakit.

  • Mandi Air Hangat 

Untuk cara selanjutnya, adalah mandi dengan air hangat. Air hangat dapat membantu mengatasi begah terkait stres, metode sederhana ini dapat membuat pikiran rileks. Dengan begitu gangguan pencernaan karena stres dapat terkontrol atau dikendalikan. 

Perut begah bisa juga disebabkan hal-hal lain. Apabila sudah mencoba melakukan hal-hal di atas dan masih terganggu dengan keluhan begah, cobalah untuk dikonsultasikan ke dokter segera mungkin, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Sekian penjelasan tentang penyebab perut begah dan cara mengatasinya, semoga bermanfaat.