Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wasir Atau Ambeien Dan Penyebabnya

Wasir Atau ambeien adalah, pembesaran atau pembengkakan dari pembuluh darah yang berada di usus besar dibagian akhir (rektum), serta dubur atau anus. Wasir atau ambeian penyakit yang dapat menyerang siapa saja, tidak usia muda ataupun sudah usia tua.

Wasir Atau Ambeien

Tapi umumnya lebih banyak ditimbulkan keluhan di usia 50 tahun atau lebih, tergantung dari pola makan dan hidup sehat. Terkadang usia dibawah itu juga dapat terkena wasir atau ambein. Wasir tidak menimbulkan keluhan, tetapi bila keluhan muncul, penderita dapat merasakan tidak nyaman atau gatal pada bagian anus dan muncul perdarahan pada anus ketika buang air besar (BAB).

Wasir atau ambeien terbagi 2 jenis, yaitu ambein jenis internal dan eksternal, pembuluh darah yang membengkak didalam anus tidak terlihat dari luar disebut hemoroid internal, sedangkan pembengkakan yang terjadi diluar anus mendekati lubang anus terasa nyeri serta terlihat dari luar disebut hemoroid eksternal.

Penjelasan Wasir

Wasir dan tingkat keparahannya yaitu :

  • Tingkat satu - pembengkakan kecil yang muncul di dalam dinding anus serta tidak terlihat di luar anus.
  • Tingkat dua - pembengkakan lebih besar yang keluar dari anus pada saat (BAB) buang air besar dan masuk kembali dengan sendirinya setelah buang air besar.
  • Tingkat tiga - adanya benjolan kecil satu atau beberapa yang menggantung dari anus, namun bisa didorong dengan jari untuk masuk kembali.
  • Tingkat empat - benjolan yang sudah besar menggantung dari anus, tidak bisa di dorong kembali kedalam.

Gejala Dan Penyebab Wasir Atau Ambeien

Ambeien seringkali ditandai dengan benjolan dibagian luar anus, begitu juga wasir seringkali ditandai dengan beberapa gejala lain seperti :

  • Rasa gatal atau sakit disekitar anus
  • Perdarahan keluar dari anus setelah buang air besar (BAB)
  • keluarnya lendiran setelah BAB

Beberapa penyebab wasir adalah sembelit atau diare yang berlangsung terlalu lama, sering mengangkat beban berat, kehamilan, dan baru melahirkan begitu juga terlalu lama kebiasan duduk

Cara Mencegah Dan Mengobati Wasir atau Ambeien

Ambeien atau wasir harus segera ditangani, agar tidak membengkak dan pecah atau terpuntir. Pengobatan bisa dengan cara :

  1. Menerapkan pola makan sehat.
  2. Mengkomsumsi obat-obatan atau menggunakan salep wasir.
  3. Menjalani pengangkatan wasir dengan cara di operasi, bila wasir disebabkan oleh susah buang air besar atau terjadi perdarahan terus menerus, penggunaan obat pelancar BAB mungkin diperlukan.

Untuk mencegah ambeien atau wasir, komsumsilah makanan yang kaya serat dan perbanyak minum air putih. Hindarkan duduk terlalu lama, menunda BAB, mengejan berlebihan. Itulah penjelasan tentang wasir dan penyebabnya, semoga bermanfaat